Manfaat Teknologi Tepat Guna Sederhana



Teknologi Tepat Guna Sederhana memang sudah diperkenalkan bahkan sudah berkembang dikalangan masyarakat, hal ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan masyarakat supaya lebih efektif dan efisien. dalam proses pengenalanya teknologi ini dikembangkan secara tradisional atau secara sederhana dimana dalam prosesnya dapat ditentukan oleh kedaan dalam lingkungan itu sendiri dan dapat dilihat dari mata pencaharian masyarakat dalam lingkungan tersebut.

Dai tahun ke tahun, teknologi mamang semakin berkembang sehingga perlu adanya sebuah pengenalan atau sosialisai yang dapat ditujukan kepada masyarakat agar dapat mengenal dan dapat mengetahui bagaimana manfaat, nilai-nilai serta kegunaan dari yang namanya teknologi tepat guna. namun hal ini perlu sebuah penyesuaian terhadap kebutuhan yaitu kebutahan yang berorientasi kepada keadaan lingkungan geografis atau profesi pada suatu masyarakat yang bersangkutan.

Perlu adanya kesadaran atau keterbukaan dari masyarakat tentang teknologi yang berkembang saat ini, pada intinya hal ini merupakan sebuah upaya pembaharuan yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan dari masyarakat itu sendiri. namun upaya pembaharuan ini perlu adanya keselarasan terhadap beberapa faktor seperti keadaan sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan alam disekitar masyarakat tersebut. sehingga dengan adanya upaya pembaharuan ini diharapkan masyarakat mempunyai minat dan semangat dalam mengembangkan teknologi tersebut.

Ada banyak manfaat dari penerapan Teknologi Tepat Guna khusunya dalam bidang usaha ataupun pertanian. dalam sektor ini, pemanfaatan teknologi tepat guna sederhana dapat dikembangkan dalam beberapa hal dalam sektor usaha ataupun sektor pertanian , misalnya sebagai berikut :

Meningkatkan Hasil Produksi
Ketika musim panen tiba, pada jaman dahulu, untuk mengasilkan padi petani sering melakukanya dengan manual atau secara tradisional. namun seiring berjalanya waktu, kali ini ketika musim panen tiba para petani sering menggunakan mesin untuk memproduksi padi, sehingga proses produksi akan cepat dan lebih efisien.

Mempercepat Proses Pemasaran
Untuk memenuhi permintaan pasar yang sangat banyak, tentunya perlu adanya proses produksi yang cepat guna untuk memenuhi kebutuhan pasar yang sangat banyak. Dengan adanya teknologi yang tepat guna, maka permintaan pasarpun dapat sesegera mungkin terpenuhi.

Meningkatkan Daya Saing
Dengan adanya teknologi tepat guna, maka hasil dari produksi akan lebih maksimal sehingga produk yang dihasilkan akan lebih berkualitas dan berdaya saing tinggi yang dapat diperhitungkan dipasaran.

Berikut Adalah Contoh Teknologi Tepat Guna :

Sektor Pertanian
  • Dahulu petani sering membajak sawah dengan menggunakan kerbau, namun sekarang petani sudah menggunakan Traktor untuk membajak sawah, sehingga proses membajak sawah lebih cepat dan efisien.
  • Penggunaan mesin pada saat panen pun sekarang sudah digunakan para petani untuk memperoleh padi lebih cepat dan hemat waktu.

Sektor Usaha Kecil
  • Dapat kita ambil contoh yaitu pada mesin pemotong singkong yang membatu melakukan proses pemotongan lebih cepat dan potongan singkong yang dihasilkan juga sangat bagus.
  • Mesin Pengering Makanan sering digunakan untuk mengeringkan makanan yang fungsinya untuk menghilangkan kadungan minyak setelah proses penggorengan untuk kemudian dipacking dengan menggunakan mesin packing agar proses packing lebih cepat bagus.
  • Mesin Tepung sering digunakan masarakat untuk mengasilkan tepung.
  • Mesin parut kelapa sering digunakan untuk memperoleh santan dari hasil parutan kelapa.
  • Mesin pencabut bulu ayam dapat digunakan untuk mempercepat proses pembersihan bulu ayam.

Sekian pembahasan mengenai Manfaat Teknologi Tepat Guna Sederhana, Semoga Bermanfaat.



0 Response to "Manfaat Teknologi Tepat Guna Sederhana"